Tuesday, September 6, 2011

Gallery//boedmade.blogspot.com part 2 (Beautiful BALI, Indonesia)

Edisi ke-2, pada postingan ini saya akan membahan beberapa objek wisata di BALI yang saya kunjungi pada libur lebaran kemarin (26 Agustus - 4 September 2011). Selamat menyimak:

1. Eka Karya Botanical Garden, Bedugul BALI (August 2011)


Objek yang pertama saya tampilkan disini adalah Kebun Raya Eka Karya. Kebetulan liburan lebaran (Agustus 2011) kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi dan mengabadikan beberapa moment di tempat ini bersama beberapa kawan saya. Walaupun tidak semua tempat saya kunjungi (karena masalah waktu), beberapa foto di atas sepertinya cukup untuk menggambarkan keindahan dan keasriaannya. Tapi kalau misalnya kita mempunyai waktu yang lumayan panjang, tidak ada salahnya jika teman2 mengunjungi taman seluas 157,5 ha ini Oh ya, bagi teman2 yang suka kegiatan outbond, disini juga disediakan beberapa permainan seperti flying fox, dsb. Lapangan bola juga ada lho, bagi yang suka olahraga cocok bgt deh disini. Udara yang segar akan semakin menyehatkan badan. Di dekat kebun raya Eka Karya, juga dapat dijumpai danau Beratan yang dijamin juga akan mampu memanjakan mata teman2.

2. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Nusa Dua BALI (August 2011)


Garuda Wisnu Kencana atau yang sering disingkat GWK, merupakan sebuah taman budaya yang sedang dibangun di BALI dan akan direncanakan dijadikan  maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Garuda, setinggi 12 meter. Walaupun masih belum selesai, ke-eksotisan-nya sudah mulai terpancar. Selain keindahan pemandangan dan kemegahan patung raksasanya di Taman Budaya ini juga sering dipentaskan kebudayaan seperti Tari Bali dan Kecak. Namun sayang, pada saat saya berkunjung ke tempat ini, pementasan Tari Kecak sudah selesai. Bagi teman2 yang berencana ke GWK dan berkeinginan untuk menyaksikan Tari Kecak, saya sarankan sebelum jam 2 siang, karena pada saat itu Tari Kecak akan ditampilkan. Walaupun demikian, saya cukup terhibur dengan pementasan beberapa tari Bali dan juga Barong.

Jujur, walaupun sudah puluhan tahun lahir dan hidup di BALI, ini pertama kali saya menyaksikan tarian Barong secara langsung. Karena memang tarian ini tidak dapat ditemui di semua daerah di BALI. Kesan saya? LUUAAAARRRRR BIAASSSAAA!!!!!

3. Temple, Uluwatu, BALI (August 2011)

Sesuai dengan namanya Pulau Seribu Pura, Bali memiliki begitu banyak Pura (tempat suci bagi umat Hindu). Salah satunya adalah Pura Uluwatu. Pura yang berlokasi di ujung selatan Pulau Bali ini benar-benar memukau saya (yang bahkan orang Bali dan sudah cukup banyak melihat Pura-Pura di Bali). Sebagai orang Hindu, bersembahyang di tempat ini sungguh-sungguh membawa kedamaian dan kekhusukan yang mendalam. Apalagi di tambah suasana Sunset yang menawan, puaslah mata ini terbuai. (jadi bagi umat Hindu, selain mendekatkan diri kepada Tuhan, juga bisa sambil mengagumi kebesaran-NYA). Bagaimana buat teman2 non-Hindu? Oh, tenang kawan, kalian juga bisa menikmati keindahan Uluwatu.
Oh ya, di Pura ini juga tedapat banyak sekali monyet, sehingga bisa juga dijadikan objek bagi para fotografer selain pantai dan tebingnya yang menawan. Bagi teman2 yang ingin berkunjung ke tempat ini, memang paling bagus saat sore hari. Selain Sunset nan indah, tarian kecak dan barong siap menghibur teman2 sekalian. (cuma harganya memang agak sedikit mahal, sekitar Rp.110.000,- per sekali pertunjukan, namun pastinya harga tersebut sesuai dengan apa yang didapatkan).

4. Anggrek - Jangarsiap, Bubunan - Banyumala, BALI  (September 2011)

















Kalo udah di Bali, emang ga usah jauh-jauh cari objek (di sekitar pekarangan rumah pun sudah banyak bunga-bunga yang cantik). Thanks God untuk semua keindahan Bali yang Engkau ciptakan (^^)d.
5.  Temple, Teluk Terima, BALI (September 2011)


Teluk Terima merupakan salah satu pura yang terdapat di sebelah barat Pulau Bali. Lokasi pura ini sangat erat kaitannya dengan cerita Jayaprana dan Layon Sari di Bali yang menyerupai cerita Romeo dan Julliet ala Eropa. Karena berada di tengah kawasan Taman Nasional Bali Barat, di sekitar pura hidup berbagai macam hewan seperti monyet, dsb. Untuk mencapai tempat sembahyang, medan yang dilalui memang sedikit agak menanjak, namun jalannya udah bagus kok. Apalagi jika di pertengahan jalan kita berbalik, akan terhampar birunya laut selat BALI. Sungguh akan dapat mengobati rasa penat otot2 kaki.

6. Segara Rupek Beach, BALI (September 2011)










Bali mungkin terkenal akan pantainya yang indah. Orang mungkin sudah familiar dengan Kuta, Sanur, Nusa Dua. Namun pantai-pantai tersebut tentunya sudah ramai dijejali orang sehingga agak kurang tenang. Perlu Alternatif? Bagaimana dengan Segara Rupek? Pantai ini pasti belum banyak yang tahu. Bahkan orang BALI sekalipun. Lokasi nya memang agak sulit. Daerahnya masih berdekatan dengan Teluk Terima, dekat Gilimanuk, Bali Barat. Untuk mencapai pantai inipun harus melalui jalan yang belum terlalu mulus (namun sudah bisa) untuk dilalui kendaraan roda empat.
Pantai ini masih masuk ke kawasan Taman Nasional Bali Barat, sehingga jalan menuju lokasi masih melewati hutan. Nah justru disinilah menariknya, kalau sedang beruntung, kita bisa melihat burung-burung yang indah, ayam hutan, rusa, monyet hingga babi hutan secara langsung. Setelah menempuh sekitar 10 km dari jalan raya utama, maka terhamparlah pantai nan menawan. Pasir putih, ombak biru yang tenang serta kapal2 besar di kejauhan yang terkadang lewat memecah kesunyian. Pulau jawa pun terlihat hijau dari sisi pantai. Oh surga..
Bagi saudara yang beragama Hindu, dapat melanjutkan sekitar 5 km lagi menuju sebuah pura tempat memohon kesucian. Lokasi ini juga sangat erat kaitannya dengan cerita Manik Angkeran yang dibuang ke BALI oleh orang tuanya karena sering bermain judi.

7. Rambut Siwi, Negara BALI (September 2011)


Akhirnya, disinilah akhirnya..Persembahyangan di Pura Rambut Siwi di Negara menjadi akhir yang manis.
Sungguh2 liburan yang singkat namun berkesan. I LOVE BALI!!!
 Untuk melihat foto-foto ini dengan ukuran pixle yang lebih besar, silakan :
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.1875374365836.2091287.1285514329&type=1


2 comments

IsalCancer September 6, 2011 at 9:25 PM

blognya bagus.
thanks atas kunjungannya gan

isalgames.blogspot.com

Made Agus B September 7, 2011 at 5:10 PM

baru belajar gan,,
masih kalah jauh sama punya agan,,

sip(^^)d..

Post a Comment